Senin, 18 Januari 2010

PELACUR LEBIH DIPERCAYA KETIMBANG POLISI

Kendati masih dianggap sebagai profesi yang hina, pelacur ternyata lebih dipercaya ketimbang pejabat pemerintah. Demikian menurut para peserta suatu survei lewat internet yang diselenggarakan oleh pengelola sebuah majalah di China selama Juni dan Juli lalu.

Laman harian The China Daily, Selasa (4/8), mengomentari suatu jajak pendapat yang dilakukan Pusat Penelitian Majalah Xiaokang atas lebih dari 3.000 responden. Survei itu meminta responden untuk menyebut profesi yang paling kredibel.

Hasilnya, cukup mencengangkan. Sebagian besar responden menilai bahwa pekerja seks komersil (PSK) berada di urutan ketiga sebagai orang yang layak dipercaya. Tempat pertama diduduki oleh petani dan diikuti oleh pemuka agama.

Di bawah PSK adalah tentara dan mahasiswa sebagai orang yang terpercaya. Sebaliknya, pejabat pemerintah, ilmuwan, dan guru malah menduduki peringkat bawah sebagai orang yang layak dipercaya.

Sebagai surat kabar pemerintah, China Daily merasa prihatin atas hasil survei dari Majalah Xiaokang. Dalam kolom editorialnya, China Daily menilai bahwa hasil daftar itu mengejutkan sekaligus memalukan. “Pekerja seks secara tak terduga menduduki peringkat terhormat. Ini merupakan sesuatu yang tak biasa,” demikian editorial China Daily.

Harian itu pun memahfumi bila pejabat pemerintah kalah kredibel dibandingkan dengan PSK. “Berdasarkan sejumlah skandal yang menimpa para elit, posisi mereka tidak begitu buruk. Minimal, mereka tidak sampai terjerumus ke kelompok terbawah atau yang paling tidak dipercaya, yaitu developer real estat, sekretaris, agen, penghibur, dan direktur,” demikian ungkap China Daily
sumber : blog.harian-aceh.com

0 komentar:

Posting Komentar